Jumat, 26 November 2010

Tugas Tafsir Kelas XII Agama


Assalamu'alaikum,
kemukakan jawaban anda untuk pertanyaan berikut:
1. Apa pengertian tafsirbil ma’tsur?
2. Apa pengertian tafsir bir ra’yi?
3. Apa perbedaan antara tafsir bil ma'tsur dan tafsir bir ra'yi?
4. Berikan contoh kitab tafsir yang menggunakan metode tafsir bil ma’tsur dan metode tafsir bir ra’yi? 

jawaban silahkan di ketik pada "KOMENTAR"  dibawah postingan ini klik "Komentar" kemudian akan muncul kolom isian, lalu tuliskan jawaban anda pada kolom tersebut. atau kirimkan jawaban pada facebook atau langsung aja balik cara lama "tulis di kertas, kumpulin dech"

2 komentar:

Zikri Mahasiswa Ahwal asyakhsiyah IAIN Bengkulu mengatakan...

1.Tafsir bi al-Matsur

Dinamai dengan nama ini (dari kata atsar yang berarti sunnah, hadits, jejak, peninggalan) karena dalam melakukan penafsiran seorang mufassir menelusuri jejak atau peninggalan masa lalu dari generasi sebelumnya terus sampai kepada Nabi SAW. Tafsir bi al-Matsur adalah tafsir yang berdasarkan pada kutipan-kutipan yang shahih yaitu menafsirkan Al-Qur'an dengan Al-Qur'an, Al-Qur'an dengan sunnah karena ia berfungsi sebagai penjelas Kitabullah, dengan perkataan sahabat karena merekalah yang dianggap paling mengetahui Kitabullah, atau dengan perkataan tokoh-tokoh besar tabi’in karena mereka pada umumnya menerimanya dari para sahabat

2. tafir bir ra'yi
menafsirkan ayt dengan ijtihad/ akal pikiran

3. Tafsir bi al-Matsur: Dinamai dengan nama ini (dari kata atsar yang berarti sunnah, hadits, jejak, peninggalan) karena dalam melakukan penafsiran seorang mufassir menelusuri jejak atau peninggalan masa lalu dari generasi sebelumnya terus sampai kepada Nabi SAW. Tafsir bi al-Matsur adalah tafsir yang berdasarkan pada kutipan-kutipan yang shahih yaitu menafsirkan Al-Qur'an dengan Al-Qur'an, Al-Qur'an dengan sunnah karena ia berfungsi sebagai penjelas Kitabullah, dengan perkataan sahabat karena merekalah yang dianggap paling mengetahui Kitabullah, atau dengan perkataan tokoh-tokoh besar tabi’in karena mereka pada umumnya menerimanya dari para sahabat. sedangkan tafsir bil ra'yi yaitu menafsirkan ayat dengan ijtihad / akal pikiran.

4. contoh tafsir bil ra'yi : Contoh tafsir Al Qur'an dengan Al Qur'an antara lain:

“wa kuluu wasyrobuu hattaa yatabayyana lakumul khaithul abyadhu minal khaithil aswadi minal fajri....” (Surat Al Baqarah:187)

Kata minal fajri adalah tafsir bagi apa yang dikehendaki dari kalimat al khaitil abyadhi.

Contoh Tafsir Al Qur'an dengan Sunnah antara lain:

“alladziina amanuu wa lam yalbisuu iimaanahum bizhulmin......” (Surat Al An'am: 82)
contoh tafsir bil ra'yi : Contoh Tafsir bir ra'yi dalam Tafsir Jalalain:

“khalaqal insaana min 'alaq” (Surat Al Alaq: 2)

Kata alaq disini diberi makna dengan bentuk jamak dari lafaz alaqah yang berarti segumpal darah yang kental.

inspirasi hati mu mengatakan...

1.tafsir bil ma'tsur
tafsir bil ma'tsur adalah tafsir yang berdasarkan kutipan-kutipan yang sahih menurut urutan yang telah disebutkan dimuka dalam syarat mufassir.

2.tafsir bir ra'yi
tafsir bir ra'yi adalah tafsir yang didalamnya menjelaskan makna,mufasir hanya berpegang pada pemahaman sendiri yang da dasarkan pada pemikiran semata.

3. tafsir bil ma'tsur adalah tafsir yang berdasarkan riwayat-riwayat yang berasal dari sahabat ,tabi'in-tabi'in,.sedangkan tafsir bir ra'yi adalah tafsir yang diddalam nya menjelaskan meknanya,mufassir hanya berpegang pada pemahaman sendiri yang didasarka pemukiran saja(ijtihad)

5.A. bil ma'tsur
Q.S An-nahl:44 > Q.S Al-ISro: 36
b. bil ra'yi
Q.S Al-Baqarah : 223 > arrijaalu qaumuu ala an-nisa

by:wierianto